Hands Free Sama Berbahayanya dengan Mabuk

SangarCity - Penelitian baru mendapati bicara dengan menggunakan hands free saat berkendara, sama berbahayanya dengan menyetir saat mabuk.

Peneliti menemukan penggunaan handset dengan speaker atau handsfree bisa menurunkan konsentrasi saat berkendara setara dengan minum minuman keras melebihi batas.

Pengendara motor yang menggunakan perangkat ini memiliki kesempatan 5 kali besar terlambat menginjak rem dan perhatian pada rambu lalu lintas di sekelilingnya cenderung berkurang.

Psikolog Jason Watson dan David Strayer mengatakan hasil penelitian itu penting mengingat banyak dari kita tidak dapat melakukan lebih dari satu hal dalam satu waktu.

Namun peneliti menemukan 2,5% subyek mampu melakukan dua hal dalam satu waktu.

Untuk penelitian itu Dr Watson dan Dr Strayer bertanya pada 200 pengendara motor dalam sebuah simulator.

Subyek dimonitori mengenai reaksi rem mereka, jarak dengan mobil di depan dan diberikan pertanyaan matematika sederhana serta permasalahan ingatan.

Hanya 2,5% dari mereka yang tidak mengalami masalah saat mengerem, jarak mengemudi yang aman, atau kemampuan matematika selama mengggunakan ponsel dan kemampuan memori mereka sebenarnya meningkat 3%.

Meskipun begitu, Dr Watson menganggap hal itu sebagai kelainan yang luar biasa. “Meskipun kita semua berpikir bahwa kita masuk dalam kategori yang dikecualikan itu, tapi sebagian besar menentangnya. Kemungkinan ini sama saja seperti lempar koin dan mendapatkan 5 kepala dalam satu kali lempar,” ujar Dr Watson.[ito]
Bagaimana Menurutmu?

English French Spain Japanese Arabic

Informasi Menarik ▼
-